Speaker iPhone 6S Tidak Berfungsi Tiba-tiba?

speaker iphone tidak berfungsi

Mengapa speaker iPhone 6s tidak berfungsi secara tiba-tiba? Pelajari cara menangani masalah ini dengan membaca seluruh artikel ini.

Meskipun Apple iPhone 6s memiliki kualitas suara yang bagus secara keseluruhan, kinerja loudspeakernya telah dinilai di bawah rata-rata berdasarkan tes speakerphone sebelumnya yang dilakukan oleh para ahli. Ini menunjukkan bahwa perangkat rentan terhadap masalah audio lainnya, terutama di lingkungan yang bising.

Ada kemungkinan lebih tinggi bagi pengguna untuk melewatkan panggilan atau pesan karena suara notifikasi iPhone hampir tidak terdengar di tempat yang bising.

Selain suara rendah, banyak pemilik iPhone 6s juga melaporkan masalah lain yang terkait dengan speaker iPhone termasuk suara letupan, penghentian acak dan speaker eksternal yang tidak berfungsi atau tidak ada suara sama sekali. Masalah ini dapat terjadi secara acak saat menggunakan perangkat untuk berbagai tujuan.

Beberapa orang juga memiliki klaim tentang speaker eksternal di iPhone yang tiba-tiba berhenti atau output audio terputus saat melakukan multitasking dengan aplikasi. Aplikasi audio lainnya termasuk Musik, Kamera, dan aplikasi Telepon mungkin juga terpengaruh dengan masalah ini karena aplikasi ini memerlukan keluaran audio agar berfungsi.

Posting ini menyoroti beberapa kemungkinan solusi dan solusi yang disarankan untuk menangani masalah yang disebutkan di atas pada speaker iPhone 6s. Silakan merujuk ke konten ini bila perlu.

Apa Penyebab Speaker iPhone 6S Tidak Berfungsi?

Meskipun memiliki reputasi yang buruk dalam hal keluaran speaker / audio aslinya, banyak pengguna iPhone 6s tidak menganggapnya sebagai masalah. Tetapi ini adalah cerita yang berbeda bagi mereka yang sangat menyukai keluaran audio.

Masalah terkait seperti bunyi letupan dan penghentian acak pada speaker iPhone biasanya disalahkan pada perangkat keras yang rusak atau kemungkinan kerusakan pada salah satu komponen sistem audio. Sementara itu, pengguna lain mengalami masalah yang sama karena gangguan perangkat lunak atau kerusakan aplikasi.

Terkadang, masalah speaker khusus untuk aplikasi sementara kasus lain terkait dengan perangkat yang salah itu sendiri. Selain itu, kerusakan audio atau speaker dapat muncul di antara gejala aplikasi yang rusak lainnya di iPhone.

Masalah pada speaker iPhone yang tiba-tiba berhenti berfungsi juga dapat menunjukkan potensi kerusakan perangkat keras. Ini mungkin terjadi jika iPhone sebelumnya pernah mengalami insiden jatuh atau terpapar cairan secara tidak sengaja.

Letak speaker yang berada di bagian bawah iPhone membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan akibat terjatuh yang tidak disengaja.

Setelah bahan yang sangat tipis yang menghasilkan gelombang suara rusak, speaker iPhone akan mulai mengeluarkan suara statis. Sayangnya, masalah yang berhubungan dengan perangkat keras seperti sudah memerlukan bantuan profesional atau teknis untuk diperbaiki.

Cara Mengatasi Speaker iPhone 6S Tidak Berfungsi

Masalah terkait perangkat lunak yang memengaruhi iPhone 6s termasuk kerusakan audio masih dapat diatasi dengan beberapa solusi yang disarankan. Ini berarti bahwa pengguna dapat memilih untuk memecahkan masalah dan memperbaiki masalah di pihak mereka, tanpa harus membayar untuk layanan atau perbaikan teknis.

Hal pertama yang harus dilakukan dan diperiksa di iPhone Anda:

Langkah 1: Tentukan penyebabnya dan mulai kerjakan

Untuk memulai, Anda perlu menentukan kemungkinan penyebab seperti yang dijelaskan sebelumnya di posting ini. Cara yang lebih mudah untuk mengidentifikasi akar permasalahan adalah dengan melihat apa yang telah terjadi sebelum permulaan masalah.

Misalnya, apa yang terjadi sebelum gejala pertama mulai terlihat? Apakah itu terjadi setelah melakukan beberapa perubahan pada pengaturan iPhone? Setelah Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, Anda dapat mulai mengerjakan perbaikan. Jika tidak, Anda bisa menggunakan pendekatan trial-and-error.

Langkah 2: Periksa sakelar Dering / Hening dan pastikan sudah disetel ke mode dering

Satu hal penting untuk memeriksa iPhone Anda sebelum Anda mulai melakukan prosedur pemecahan masalah adalah sakelar Dering / Hening. Banyak pengguna iPhone yang mengklaim dan mengira memiliki masalah dengan speaker yang tidak memiliki suara atau berhenti acak kemudian menemukan bahwa itu hanya tombol Dering / Hening yang diatur ke Bisukan (mode diam).

Sayang sekali mereka sudah membuang begitu banyak waktu untuk melakukan solusi yang sebenarnya tidak perlu. Jadi, pastikan untuk memeriksa sakelar ini sebelumnya dan memastikan bahwa itu diatur ke Mode Dering.

Langkah 3: Lepaskan casing dan aksesori dari iPhone

Casing atau aksesori pihak ketiga juga dapat memengaruhi keluaran kualitas suara secara keseluruhan dari speaker internal. Beberapa casing atau aksesori tidak benar-benar sesuai dengan perangkat asli iPhone sehingga dapat memblokir speaker dan dapat menyebabkan penghentian acak.

Untuk memastikan ini tidak menyebabkan masalah Anda, coba lepaskan casing atau aksesori pihak ketiga yang mungkin memblokir speaker. Periksa keluaran speaker / audio tanpa casing untuk melihat apakah ada peningkatan.

Langkah 4: Pastikan speaker iPhone bersih atau tidak tersumbat

Kotoran, debu, atau kotoran pada speaker iPhone juga dapat menyebabkan keluaran audio yang tidak biasa atau suara pelan yang keluar dari speaker. Karena itu, pastikan untuk memeriksa dan memastikan bahwa speaker tidak tertutup debu, kotoran, atau kotoran. Bersihkan, jika perlu.

Solusi dan Solusi yang Direkomendasikan untuk menangani masalah audio

Setelah Anda memeriksa dan memastikan bahwa tombol Dering / Hening iPhone diatur ke Dering tetapi Anda masih mengalami masalah dengan suara yang tidak terdengar atau keluaran speaker masih terlalu rendah, maka Anda sekarang dapat melanjutkan dan mencoba solusi berikut ini. akhirmu.

Masih Mengalami Hal yang Sama?

Metode 1: Sesuaikan volume dering dan peringatan suara

Jika Anda mengalami masalah dengan suara rendah, tidak ada suara pada speaker iPhone 6s, atau suara audio yang masuk dari speaker terdengar sangat jauh atau terlalu rendah sehingga suara Anda sulit terdengar selama panggilan telepon, maka coba konfigurasikan dering dan peringatan pilihan pada pengaturan suara iPhone Anda.

Anda mungkin perlu menaikkan volume ke tingkat maksimum hanya untuk menguji dan melihat apakah itu berfungsi.

  • Untuk mengakses dan mengkonfigurasi opsi ini, buka Pengaturan -> Suara -> Dering dan Peringatan -> lalu seret penggeser ke kanan. Melakukannya akan meningkatkan keluaran suara di iPhone Anda.

Uji speaker iPhone setelahnya untuk melihat apakah ada peningkatan.

Metode 2: Reboot iPhone Anda (soft reset) untuk memperbaiki penghentian acak

Gangguan perangkat lunak juga merupakan salah satu penyebab malfungsi audio di perangkat seluler termasuk iPhone. Jika aplikasi penghasil audio rusak, itu mulai tidak berfungsi. Suara rendah, latar belakang statis, suara letupan, dan tidak ada suara termasuk di antara efek yang merugikan. Ini mungkin terjadi jika gejala hanya terjadi pada aplikasi tertentu atau diisolasi ke satu aplikasi di iPhone. Dengan kata lain, aplikasi audio lain masih berfungsi dengan baik atau menghasilkan keluaran suara normal.

Solusi sederhana namun efektif yang dapat Anda coba untuk menangani malfungsi perangkat lunak kecil yang memengaruhi sistem audio iPhone adalah boot ulang, atau dikenal sebagai soft reset pada iPhone.

Prosedur standar dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Tekan dan tahan tombol Tidur / Bangun setidaknya selama 10 detik hingga penggeser merah muncul.
  • Seret penggeser untuk mematikan iPhone sepenuhnya.
  • Tunggu selama 30 detik.
  • Setelah 30 detik, tekan dan tahan lagi tombol Tidur / Bangun hingga logo Apple muncul.

IPhone Anda kemudian akan reboot. Setelah reboot selesai, coba buka aplikasi audio dan uji untuk melihat apakah sudah berfungsi dengan baik.

Metode 3: Nonaktifkan Bluetooth

Salah satu kemungkinan alasan mengapa Anda tidak mendengar suara apa pun atau mengalami penghentian acak dari speaker internal iPhone Anda adalah koneksi Bluetooth aktif. Misalnya, iPhone Anda sebenarnya terhubung atau dipasangkan dengan perangkat audio berkemampuan Bluetooth lainnya.

Dalam hal ini, output audio dihasilkan oleh perangkat yang dipasangkan, bukan iPhone Anda. Untuk memastikan ini tidak menyebabkan masalah Anda, verifikasi pengaturan Bluetooth iPhone Anda dan nonaktifkan fitur tersebut jika perlu.

Biasanya, ikon Bluetooth akan muncul di bilah status iPhone Anda saat diaktifkan. Namun hanya untuk memastikan, tidak ada salahnya untuk melanjutkan dan memeriksa kembali pengaturannya.

Untuk melakukannya, buka Pengaturan-> Bluetooth-> lalu matikan sakelar Bluetooth untuk mematikan fitur.

Setelah menonaktifkan Bluetooth, coba restart iPhone Anda dan kemudian lihat apakah speaker internal sekarang berfungsi dengan benar.

Metode 4: Atur Ulang Semua Pengaturan untuk memperbaiki penghentian acak speaker pada 6s iPhone Anda

Pengaturan atau opsi audio yang salah atau salah konfigurasi juga dapat menyebabkan masalah serupa terjadi pada iPhone. Jika gejala muncul tepat setelah melakukan beberapa perubahan pada pengaturan iPhone Anda, maka perubahan tersebut adalah penyebab utamanya.

Untuk memperbaikinya, yang harus Anda lakukan adalah mengembalikan atau mengurungkan perubahan yang telah Anda buat sebelum permulaan masalah. Namun, jika Anda tidak yakin setelan mana yang harus dikembalikan karena Anda telah mengonfigurasi lebih dari satu opsi, Anda dapat menyetel ulang semua setelan saja.

Seperti namanya, prosesnya akan mengatur ulang semua pengaturan pada sistem iPhone Anda dan mengembalikannya ke default. Tidak ada data atau konten media yang akan dihapus.

  • Untuk mengatur ulang semua pengaturan, buka Pengaturan-> Umum-> Atur Ulang Semua Pengaturan. Masukkan kode sandi Anda, jika perlu.

Tunggu hingga seluruh proses pengaturan ulang pengaturan selesai, lalu uji speaker iPhone atau fungsi audio Anda untuk melihat apakah masalah telah diperbaiki.

Atau, Anda dapat menggunakan iTunes untuk mengatur ulang pengaturan iPhone Anda. Ini bisa menjadi opsi terbaik jika Anda lupa kode sandi dan tidak dapat melanjutkan dengan pengaturan ulang standar melalui pengaturan iPhone.

Tetapi pastikan untuk dicatat bahwa melakukan pengaturan ulang dengan iTunes akan menghapus semua data dan konten media di perangkat Anda. Karena itu, Anda harus membuat cadangan konten ini sebelumnya.

Setelah Anda siap, Anda perlu menghubungkan iPhone Anda ke komputer yang menjalankan iTunes versi terbaru. Setelah terhubung, cukup ikuti petunjuk di layar untuk mengatur ulang iPhone Anda di iTunes.

Sebagai permulaan, berikut panduan singkat untuk referensi Anda:

  • Hubungkan iPhone Anda ke komputer (Windows atau Mac).
  • Buka iTunes di komputer dan tunggu sampai perangkat Anda dikenali.
  • Buka panel Ringkasan.
  • Klik Pulihkan iPhone.
  • Untuk mengonfirmasi tindakan, klik Pulihkan lagi.
  • Tunggu hingga seluruh proses pemulihan selesai dan kemudian atur perangkat Anda sebagai yang baru.

Gangguan perangkat lunak atau malfungsi aplikasi acak yang tidak dapat diperbaiki dengan reboot standar (soft reset) kemungkinan besar akan diberantas dalam proses tersebut.

Metode 5: Perbarui iOS ke versi terbaru yang tersedia

Jika bug perangkat lunak menyebabkan sistem audio atau speaker iPhone Anda tidak berfungsi, menginstal pembaruan iOS terbaru mungkin dapat membantu. Pembaruan perangkat lunak juga berisi perbaikan untuk bug yang ada yang memengaruhi perangkat iOS. Jika Anda belum melakukannya, Anda harus melakukannya sekarang.

  • Untuk memeriksa pembaruan yang tersedia di iPhone 6s Anda, buka Pengaturan -> Umum -> Tentang-> Pembaruan Perangkat Lunak. Anda akan melihat pemberitahuan jika pembaruan tersedia. Untuk melanjutkan implementasi pembaruan iOS, pilih opsi untuk Mengunduh dan Menginstal, lalu ikuti petunjuk di layar lainnya untuk menyelesaikan seluruh proses.

Setelah penginstalan pembaruan, reboot iPhone Anda lalu coba lihat apakah sistem audio / speaker sudah berfungsi dengan baik setelahnya.

Metode 6: Perbarui iOS melalui iTunes

Anda juga dapat memperbarui iOS di iPhone 6s Anda melalui iTunes. Cukup hubungkan iPhone Anda ke komputer yang menginstal iTunes versi terbaru, lalu ikuti petunjuk untuk memeriksa pembaruan yang tersedia, unduh, dan penginstalan versi iOS terbaru untuk perangkat Anda menggunakan program iTunes.

Jika masalah tetap ada setelah memperbarui iOS dan yang lainnya, maka inilah saatnya untuk meminta bantuan profesional. Ternyata, masalahnya sudah di luar kemampuan Anda untuk menanganinya.

Cari Bantuan Lebih Lanjut

Suara statis adalah indikator umum dari kemungkinan kerusakan perangkat keras (fisik atau cairan) pada speaker iPhone. Jika yang Anda hadapi adalah suara statis pada speaker iPhone 6s dan sejauh ini tidak ada solusi yang disarankan yang berfungsi, Anda sebaiknya mempertimbangkan kemungkinan kerusakan perangkat keras pada iPhone Anda.

Pada titik ini, opsi Anda berikutnya adalah meneruskan masalah ke Dukungan Apple untuk bantuan dan rekomendasi lebih lanjut. Atau Anda juga dapat memilih untuk membawa iPhone Anda ke Serfone di 0823-9918-9044 atau pusat layanan resmi untuk penilaian dan / atau perbaikan perangkat keras, jika perlu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us