Layar iPhone Tidak Responsif ? Ini Sebab dan Solusinya

layar iphone tidak responsif
HILVERSUM, NETHERLANDS – FEBRUARY 06, 2014: Social media are trending and both business as consumer are using it for information sharing and networking.

Layar iPhone tidak responsif adalah hal yang memusingkan. Jika Anda adalah salah satu yang tidak beruntung mengalami masalah tersebut, Anda beruntung.

Hari ini, kami menghadirkan solusi yang dapat Anda ambil untuk memperbaiki masalah ini. Beri tahu kami dengan menghubungi kami menggunakan tautan di bawah jika salah satu rekomendasi kami di bawah tidak dapat membantu.

Perlu diingat bahwa masalah layar iPhone tidak responsif biasanya lebih disebabkan oleh software daripada kesalahan hardware. Jika layar Anda mulai bermasalah setelah iPhone Anda jatuh, basah, atau terkena benturan fisik, itu adalah masalah yang sama sekali berbeda.

Kami sangat menyarankan agar Anda segera melihat bantuan Apple agar tidak membuang waktu Anda. Ingat, Anda tidak dapat memperbaiki kerusakan hardware dengan menyesuaikan setelan software tertentu.

Sebelum kami melanjutkan, izinkan kami mengingatkan Anda bahwa Anda dapat menghubungi kami dengan menggunakan tautan yang disediakan di bagian bawah halaman ini. Saat menjelaskan masalah Anda, harap berikan penjelasan sedetail mungkin agar kami dapat dengan mudah menunjukkan solusi yang relevan.

Jika Anda bisa, mohon sertakan pesan kesalahan persis yang Anda dapatkan untuk memberi kami gambaran dari mana harus memulai. Jika Anda sudah mencoba beberapa langkah pemecahan masalah dan berhasil, informasikan kepada kami dengan mengirim komentar.

Solusi Layar iPhone Tidak Responsif

Solusi 1: Restart / soft reset telepon

Soft reset, juga dikenal sebagai restart, adalah cara sederhana namun terkadang efektif untuk memperbaiki bug yang tidak dapat dijelaskan yang menyebabkan iPhone crash, reboot acak, freeze, notifikasi hilang, keypad macet, dan, dalam kasus Anda, layar iPhone tidak responsif.

Memulai ulang dengan membersihkan sistem operasi dan memori perangkat. Ini berfungsi mirip dengan prosedur restart di komputer Anda setelah berjalan untuk waktu yang lama. Jika Anda belum mencobanya, berikut ini cara melakukannya:

  1. Tekan dan tahan tombol Daya / Samping dan salah satu tombol Volume (Volume Naik atau Volume Turun).
  2. Lepaskan tombol setelah layar Geser untuk mematikan muncul.
  3. Geser tombol Power ke kanan.
  4. Tunggu perangkat melakukan reboot.
  5. Setelah iPhone Anda mati, tekan dan tahan tombol Daya / Sisi hingga logo Apple muncul kemudian lepaskan.

CATATAN: Pada iPhone X ke atas, menekan dan menahan tombol Daya / Sisi dan tombol Volume selama lebih dari 5 detik akan mengaktifkan SOS Darurat. Ini secara otomatis akan memanggil layanan darurat yang disetel di telepon Anda, seperti 911. Pastikan untuk melepaskan tombol sebelum tanda 5 detik untuk menghindari panggilan layanan darurat karena kesalahan.

Solusi 2: Simulasikan “penarikan baterai”

Jika memulai ulang secara normal tidak menyelesaikan masalah, hal baik berikutnya yang harus dilakukan adalah menyimulasikan “penarikan baterai”. Karena fakta bahwa perangkat iPhone tidak memiliki paket baterai yang dapat dilepas, hal yang paling dapat dilakukan oleh teknisi Apple untuk hampir melepas baterai fisik adalah dengan melakukan kombinasi tombol hardware tertentu.

Seperti restart biasa, simulasi penarikan baterai juga dapat memperbaiki bug yang tidak dapat dijelaskan yang dapat menyebabkan masalah layar tidak responsif. Begini caranya:

  1. Tekan dan lepaskan tombol Volume naik dengan cepat, lalu tekan dan lepas tombol Volume turun dengan cepat.
  2. Kemudian, tekan dan tahan tombol Daya / Sisi hingga logo Apple muncul di layar.

Solusi 3: Atur Ulang Semua Pengaturan

Solusi ini hanya dapat berfungsi jika Anda masih dapat memuat sistem operasi dan mengakses aplikasi Pengaturan. Ini mengasumsikan bahwa layar iPhone menjadi tidak responsif secara acak, sehingga memungkinkan Anda untuk tetap membuka Pengaturan dan melakukan langkah-langkah di bawah ini.

Saat mengatur ulang semua pengaturan, pengaturan khusus iPhone Anda akan dikembalikan ke keadaan defaultnya. Pengaturan ini meliputi:

  • pengaturan jaringan seperti wifi, data seluler, dan pengaturan seluler
  • pengaturan tampilan seperti wallpaper, font, tingkat kecerahan, dll.
  • semua pengaturan suara seperti notifikasi, nada dering, dll.
  • pengaturan kustom lainnya.

Untuk mengatur ulang semua pengaturan di iPhone X ke atas, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka layar Beranda Anda.
  2. Buka aplikasi Pengaturan.
  3. Tap Umum.
  4. Ketuk Reset.
  5. Ketuk Atur Ulang Semua Pengaturan.
  6. Jika disajikan, masukkan kode sandi.
  7. Ketuk Atur Ulang Semua Pengaturan untuk mengonfirmasi.
  8. Tunggu telepon untuk mengatur ulang semua pengaturan dan restart.

Solusi 4: Lakukan Pemulihan Mode DFU

Jika layar iPhone Anda tetap tidak responsif pada saat ini, langkah pemecahan masalah logis berikutnya yang dapat Anda coba adalah Pemulihan DFU. Solusi ini adalah langkah terakhir yang dapat Anda coba untuk sebagian besar masalah iPhone karena tidak mengharuskan Anda memiliki akses ke aplikasi Pengaturan.

  1. Hubungkan iPhone Anda ke komputer Anda menggunakan kabel USB atau Lightning yang menyertainya.
  2. Buka iTunes di komputer Anda.
  3. Matikan iPhone Anda seperti biasa. Di iOS 11, Anda sudah dapat mematikan iPhone dengan masuk ke menu Pengaturan-> Umum-> Matikan-> lalu geser slider ke kanan. Melakukannya akan mematikan iPhone.
  4. Tekan dan tahan tombol Daya / Sisi selama 3 detik. Kemudian, tekan dan tahan tombol Kecilkan Volume sambil tetap menahan tombol Daya / Samping. Terus tahan kedua tombol selama 10 detik. Jika logo Apple muncul, itu berarti Anda telah menahan tombol terlalu lama. Jika ini terjadi, Anda harus kembali dari awal. Jika tidak, lompat ke langkah berikutnya.
  5. Lepaskan tombol Daya / Samping tetapi tetap tahan tombol Volume Turun selama sekitar 5 detik lagi. Jika Anda diminta dengan layar Plug to iTunes, itu berarti Anda telah memasuki Recovery Mode. Jadi, Anda harus kembali ke langkah pertama dan memastikan Anda tidak menahan tombol terlalu lama.

Jika layar iPhone Anda tetap hitam, itu berarti perangkat Anda telah berhasil memasuki mode DFU. iTunes kemudian akan meminta Anda dengan pesan peringatan yang mengatakan bahwa itu telah mendeteksi iPhone Anda dan akan memungkinkannya untuk dipulihkan. Ikuti petunjuk di layar untuk memulihkan iPhone Anda di iTunes.

Jika Anda melihat salah satu hal berikut saat mencoba mem-boot iPhone ke mode DFU, Anda tidak berhasil:

  • Logo Apple di layar iPhone Anda.
  • Logo iTunes di layar iPhone Anda.
  • Layar iPhone tidak tetap hitam

Coba lagi langkah-langkah di atas.

Baca juga:

Solusi 5: Melakukan Service iPhone Anda

Cara ini adalah cara terakhir apabila layar iPhone tidak responsif masih terjadi. Kerusakan hardware tidak dapat diperbaiki oleh sembarang teknisi. Service cukup dengan teknisi berpengalaman dan bersertifikat seperti Serfone.

Hubungi WhatsApp 0823-9918-9044 dan atur jadwal dengan teknisi kami, karena kami yang akan mendatangi Anda tanpa biaya tambahan apapun.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us